Bagi para pecinta anjing, merawat anjing agar tetap sehat dan ceria adalah yang nomer satu. Merawat anjing memang terkadang menjadi hal yang cukup rumit, terlebih untuk anjing yang mempunyai bulu panjang. Mereka membutuhkan shampoo khusus bahkan makanan khusus yang mengandung vitamin agar bulu mereka tetap indah. Bagi Anda yang ingin mempunyai anjing dengan bulu yang indah, berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan bulu anjing kesayangan Anda

Yang pertama adalah Anda harus memastikan bahwa anjing Anda mendapatkan asupan nutrisi tepat untuk pertumbuhan bulunya. Asupan nutrisi yang tepat bisa Anda dapatkan dari makanan yang dikonsumsi anjing Anda. Semakin komplit kandungan nutrisinya, maka akan semakin bagus pula kesehatan bulu anjing Anda. Pastikan bahwa makanan anjing yang Anda berikan mengandung cystine, asam lemak essential, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan nutrisi.

Cara yang kedua, lakukanlah grooming secara rutin, apabila Anda tidak memiliki waktu, Anda dapat menghubungi jasa salon anjing panggilan ke rumah Anda. Hal ini agar kulit dan bulu anjing Anda tetap bersih. Selain itu, lakukan juga pemijatan ringan bagi kulit anjing Anda. Sebuah terapi pemijatan ringan akan merangsang kulit anjing memproduksi zat yang berguna agar kulit dan bulunya sehat serta mengkilap.

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan shampoo khusus anjing ketika Anda memandikan anjing kesayangan Anda tersebut. Usahakan untuk memilih shampoo khusus anjing yang berkualitas. Jangan sekali-kali menggunakan shampoo manusia untuk anjing. Hal ini karena Ph dan koposisi kimia shampoo manusia dan anjing sangatlah berbeda. Setelah memandikan anjing Anda, segera keringkan bulunya dengan mengunakanlah blower khusus grooming, jangan mengeringkan dengan hairdryer untuk waktu yg lama sebab dapat menghanguskan kulit dan bulu anjing Anda.

Cara yang keempat, adalah dengan menyisir bulu anjing Anda tersebut secara rutin. Meskipun terlihat cukup sepele, namun anjing yang disisir secara rutin akan mempunyai bulu yang lebih indah dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini karena menyisir mengakibatkan bulu anjing yang rapuh akan rontok dan terangkat oleh sisir. Rontoknya bulu yang rapuh tersebut akan merangsang tumbuhnya bulu-bulu baru yang lebih bagus. Selain itu, bulu rontok yang masih menempel di tubuh anjing akan menyebabkan rasa gatal sehingga tak jarang anjing anda akan sering menggaruk-garuk tubuhnya. Demikianlah beberapa cara untuk merawat kesehatan dan keindahan bulu anjing Anda

Comment for Cara Menjaga Kesehatan Bulu Anjing

salon anjing 1 salon anjing 2salon anjing 3salon anjing 5salon anjing 4