Kuku atau cakar anjing maupun kucing memang sudah sewajarnya tumbuh memanjang. Pada anjing/kucing liar, kuku atau cakar ini dapat  terkikis secara alami karena digunakan sebagai alat menggali, merobek makanan, menggenggam, dan berkelahi. Pada anjing/kucing peliharaan, fungsi-fungsi ini tak lagi dilakukan dan kuku yang tidak dipotong atau terkikis menjadi panjang dan dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan furniture di rumah Anda, luka pada manusia(tercakar saat bermain), melukai matanya sendiri, dan lebih parah lagi apabila kukunya patah dapat menyebabkan pendarahan yang sangat menyakitkan.

Ketika kuku seekor anjing tumbuh terlalu panjang, kuku tersebut akan mengganggu cara berjalan si anjing dan ketika kuku terus bertumbuh berjalan akan menjadi sebuah aktifitas yang sangat menyakitkan. Di beberapa kasus yang parah, kuku seekor anjing dapat melengkung ke bawah dan tumbuh ke arah bantalan pada telapak kaki, menyebabkan infeksi yang berbahaya dan menyakitkan. Masalah kuku yang tumbuh ke dalam ini lazim ditemukan pada “ibu jari” kaki anjing. Pemotongan kuku harus sering dilakukan dan secara teratur untuk menjaga kuku tetap pendek dan melatih mereka terbiasa dengan proses tersebut. Memotong kuku yang lebih panjang lebih tidak nyaman bagi mereka dan akan lebih mudah membuat mereka terkejut serta melukai urat darah pada pangkal kuku sehingga dapat mengeluarkan darah. Direkomendasikan untuk memotong kuku anjing maupun kucing setiap 2-4 minggu.

Jika Anda membiarkan kuku anjing/kucing Anda tumbuh panjang, akan butuh waktu untuk memotongnya hingga mencapai panjang yang tidak membahayakan kembali. Memotong kuku anjing maupun kucing secara teratur merupakan cara pendekatan yang terbaik. Beberapa anjing/kucing berjalan dan berlari pada permukaan keras dan kasar bisa mengikis kuku mereka tetapi kebanyakan anjing/kucing yang dipelihara di dalam rumah atau di kandang akan memerlukan bantuan. Anda akan mengetahui seberapa cepat kuku anjing/kucing Anda tumbuh jika Anda secara rutin memeriksanya. Baik sekali jika Anda secara teratur memotong kuku anjing/kucing Anda, pemeriksaan reguler akan membantu memastikan kesehatan kaki anjing atau kucing Anda. Jadi, buatlah pemeriksaan dan pemotongan kuku sebuah bagian penting dari perawatan rutin peliharaan Anda

Comment for Pentingnya Memotong Kuku Peliharaan Anda

salon anjing 1 salon anjing 2salon anjing 3salon anjing 5salon anjing 4